Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan membantu sahabat semua untuk flash ulang Samsung Galaxy Ace-nya dari Custom Rom apa saja ke Stock Rom 2.3.6 Official Gingerbread. Untuk memudahkan agar tidak salah saat pengerjaan, dimohon untuk mengikuti cara di bawah dengan baik dan benar.... saya akan membagikan tiga langkah, yaitu:
1. Alat dan Bahan
2. Pastikan!
3. Cara kerja



1. Alat dan Bahan:
- Samsung Galaxy Ace (S5830)
- Odin v4.38 dan file OPS =========> download Disini | Mirror
- Firmware GB 2.3.6 =======> download Disini <==(ini firmware region Indonesia) Pass: sampro.pl
- Kabel Data
- Komputer

2. Pastikan!:
- Driver Galaxy Ace sudah terinstal di komputer dengan Samsung USB Driver
- Baterai Galaxy Ace min. 75%
- Mengambil resiko apapun yang terjadi

3. Cara Kerja:
- Download terlebih dahulu bahannya
- Buka Odin dan pilh OPS button dan load file Cooper_v1.0.ops file. Pastikan bahwa Auto-Reboot, Protect OPS and Reset Time di centang
- Unzip firmware-nya
- centang “One Package” option di sisi kiri dan biarkan opsi lainnya default dan langsung klik tombol ‘One Package’ lalu pilih firmware tadi yang sudah di unzip

 
- sebelum menyambungkan HP ke PC masuk ke download mode dengan menekan kombinasi 

-  koneksikan kabel USB dari HP ke PC, di ODIN akan langsung detek COM Port dan berwarna kuning menangdakan HP sudah terdeteksi oleh odin (PC) dan klik Start untuk memulai proses flasihng

- tunggu samai semua proses selesai (sekitar 5-10 menit), kita bisa pantau dari progress bar di sebelah kiri odin. ketika muncul pesan “Close Serial Port & Wait Untill Reboot” , cabut kabel USB dan otomatis HP akan restart sendiri dengan firmware yang baru. SELESAI 
- jika terjadi bootloop (stuck di tulisan android terus menerus) cukup matikan HP dan masuk dalam Recovery Mode lalu lakukan Wipe Cache partion & Clear personal Data/Factory Reset dan lakukan Restart lagi. Done!


Selamat! Flashing-nya Sukses Besar..... Jika ada yang ingin ditanyakan, saya akan selalu membantu sahabat semua...

96 komentar:

  1. Gan ACE saya bila dihubungkan Ke PC Mengunakan Kabel Data kok gak bisa di baca Samsung Kies ya? bila di hubungkan muncul pesan "connecting..." aja terus, padahal USB Debugging udah di centang dan anehnya pada Windows Explorer isi dari ACE (memory exsternal) saya bisa di baca?
    Jika kondisi Saya seperti ini apakah aman melakukan flash ulang Samsung Galaxy Ace?

    Makasi sebelumnya...

    Maju terus Gan n sukses!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan juga udh instal samsung usb driver toh? klo udh brarti udah aman itu... di galaxy ace nya klo trhubung pke kbel data tercaskah? trus ada di notif tulisan usb connect kan?

      Hapus
    2. ia gan PC saya udah teristall usb driver, udah tercas saat terhubung pake kabel data dan ada notifikasi USB Connect, cuma gak bisa konek ke samsung Kies aja.
      Brarti gak ada hubungannya'ya flash ulang SGA dengan, gak bisa konek ke samsung Kies?

      Hapus
    3. ia nggak ada hubungannya kok,,,silahkan langsung flash gan (^ ^ )

      Hapus
  2. gan kok isi filex cm satu....

    pdhl dscreenshot odin yg harus disi filex da 4....

    tu gmn gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh, maaf gan salah screenshot. ikuti cara ane di bawah gan:
      - pastikan sudah centang one package di sebelah kiri
      - kemudian klik yg paling bawah bertuliskan one package lalu pilih 1 file itu gan
      - trus agan udh bs start falshing jika semuanya udh oke

      nanti ane ganti screenshotnya gan, terima kasih udh ngasih tau ^^

      Hapus
  3. link file odin sama opsnya broken gan

    BalasHapus
  4. gan ane flash cwm custom yang trebon kog pas masuk cuman blank doang yaa?? ntar habis blank ngerestat terus kalo kombinasi tombolnya di lepas malah masuk ke menu awal, help :( butuh backup rom ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan, ane kurang tahu menahu soal cwm custom yang begitu...yg ane post disini hanya yg ane tau sj...klo kondisinya sdh gitu, agan hrus flash ulang saja...ikuti sj tutor di atas gan

      Hapus
  5. INI ADA BAHASA INDONESIANYA NGGK? ATO YANG ADA HANYA BAHASA VIETNAM???

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak kok bhs nya...ada bhs inggris juga....cuman ane lupa ada tidaknya bhs indo nya :(

      Hapus
  6. Balasan
    1. ngga ada efeknya... cuman tidak nyala saja,,jangan takut gagal krn kemungkinan gagalnya sedikit

      Hapus
  7. gan, klw proses flash stock rom udah beres, kodisi hp masih root atau unroot?

    BalasHapus
  8. gan link Odin v4.38 dan file OPS nya udah broken..
    boleh minta lagi..

    thank's gan good blog..

    BalasHapus
  9. gan..
    mw tanya,,
    skrg kn sga sya pke ics versi beta trus udh di partisi juga..
    kalau sya mw gnti costum rom cm 10.1 harus di flash ulang lagi n dihapus partisinya dulu atau langsung aja bisa?
    thanks gan sblmny..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung...tpi klo mau lbih baik n bagus, flash ulang lagi n dihapus partisinya dulu

      Hapus
  10. Keren gan.. ane udah nyobak dan sukses gan.. Mkasih banyak gan :D

    BalasHapus
  11. gan bisa di pake flashnya di ace plus ga ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bisa, ini khusus buat galaxy ace s5830 saja

      Hapus
  12. gan, ane kan file di unzip tuh jadi ada file yg berextensi md5. nah pas dimasukin ke odinnya ko odinnya malah close program?

    BalasHapus
  13. eh maaf salah gan. kan di screenshoot 4 file keisi nah ko yang ane ga keisi? terus pas udah selesei flashing di message nya ada tulisan destroy instant sama killed time. terus pertanyaan satu lagi kenapa masih bootloop ya gan? mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan, screenshot kedua itu salah gan.. klo agan udh ekstrak firmwarenya terdapat 1 file yg penting, taruh di one package (centang one package)..ttapi klo ada 4 filenya taruh di 4 tmpat odin dgn benar dan kosongkan tmpat one package

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  15. gan link firmware sama Odinnya gak bisa..

    fixed kan dunk

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane udh fix link firmware nya, tpi link odinnya tdk krn link nya udh ane tes dan masih work

      Hapus
    2. gan klo uda berhasil itu ace dalam keadaan root ato masih tetap unroot..

      thenkz..

      Hapus
    3. gan uda selesai tapi kok cuma sampe di tulisan samsungnya aja..

      aku tungguin malah ulang" terus..

      aku masuk recovery mode teken volume up + Home + Power key malah ada kotak di atas samsung tulisannya RAMDUMP Mode (ARM9 mode)

      solusinya gan...

      thankz

      Hapus
    4. coba agan wipe data and wipe cache di recovery. kalau yang keluar ada tulisan "RAMDUMP Mode (ARM9 mode)" berarti agan belum betul/berhasil masuk ke recovery mode. coba diulang terus sampai masuk gan

      Hapus
  16. gan saat ekstrak firmwarenya kok masukan pasword..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry gan, ane lupa cantumkan pass nya
      pass: sampro.pl

      Hapus
  17. saya sudah coba tp pas proses flash stak ga gerak ya ?

    BalasHapus
  18. gan.. install odin ke komputer kok gak bisa ya... malah aplikasi laen yang terinstall #ezdownloader sama #pcoptimizer gmn gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan, odin itu tidak diinstal -_- odin adalah aplikasi portable (skali buka langsung launch)

      Hapus
  19. gan, knpa ya stelah ane flash hapenya malah stuck d tulisan samsungnya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk ke mode recovery dan lakukan wipe data dan wipe cache sekali lagi

      Hapus
  20. gan mau nanya, ane make gal ace yg udah instal cm 10.1, kalo di flash ulang blik ke awal pbrik ato masih cm 10.1 gan ?
    makasih sblumnya..

    BalasHapus
  21. punya saya sudah 30 menit lebih kq blm slese juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan di wipe data and wipe cache di recovery

      Hapus
  22. gan ini bener ukuran file firmware nya 117MB?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya lah gan -_- ngga ada juga untungnya klo ane nipu -_-

      Hapus
  23. gan ini kenapa, odin v4.38 gak mau ngedetek hp nya?, please bantu, tapi kalo odin v1.85 mau

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo gitu pke odin v1.85 aja gan,, bisa dipake

      Hapus
  24. gan punya ane pas mau ane wipe data factory reset malah keluar can't mount /sdcard knp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lepas dulu sd cardnya lalu wipe data cache

      Hapus
  25. tetep gabisa gan malah keluar E:format_volume: rfs format failed on /dev/stl11

    BalasHapus
  26. sekarang tambah lagi gan gak mau masuk ke download mode

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lepas baterainya sekitar 10 menit..trus pasang kembali lalu flash ulang.. postingan ini berdasarkan pengalaman ane gan dan ane ngga pernah ketemu yg namanya hardbrick

      Hapus
    2. Maksih gan sudah ane coba dan berhasil, izin share juga gan ya :))

      http://itsenggot.blogspot.com/2013/11/Cara-mudah-flash-install-ulang-firmware-samsung-galaxy-ace-terbaru-s5830.html

      Hapus
    3. ya gan, ane seneng kalau postingan ini bermanfaat ^^

      Hapus
  27. udah sukses gan ane flash :) hehe tapi ini knp gan ya kalo masuk cwm recovery mau ane backup malah keluar lagi can't mount /sdcard ? mohon pencerahan dari masta :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba lepas sd cardnya lalu pasang kembali...klo ngga bisa, format sd cardnya di PC menggunakan FAT32 file system...Sumber:
      http://technicles.com/solution-to-e-cant-mount-sd-card-clockworkmod-cwm-error/

      Hapus
  28. kalau keluar ramdump mode arm9 mode pas pencet tombol menu volume up dan power, gimana solusinya gan ? apa harus pencet tombol vol up dan menu terus sampe keluar recvry mode apa gimana gan ? Kalo ga muncul2 apa harus diflash gan ? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo keluar ramdump mode arm9, berarti agan gagal mencet tombolnya alias gagal masuk ke mode recovery... lepas baterainya lalu pasang kembali lalu coba ke recovery mode (lakukan cara ini trus sampai sukses ke recovery mode)

      Hapus
  29. sekarang malah matot hpku.....apa langsung di flash bisa gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. flash aja klo gitu gan.. masuk ke download mode

      Hapus
  30. gan unzip file nya tuh gmn yaaa ???? heheheh maklum :D

    BalasHapus
  31. MediaFire will be right back! link nya gitu ada link lain gal

    BalasHapus
    Balasan
    1. linknya udh ane perbaikin...kalo ngga bisa, balas aja

      Hapus
  32. Gan mau tanya, posisi di cusrom CM 10.1 nightly, udah bisa masuk download mode, tapi ga ke detect pas colok usb ke kompi. Usb samsung udah keinstal juga.
    Ada saran ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa saran:
      - instal ulang usb samsung
      - instal kies
      - gunakan usb port lain
      - gunakan usb kabel lain
      - klo tetep ngga bisa, gunakan kompi lain

      Hapus
  33. Thank's gan, saya udah berhasil 100% normal. Bermanfaat banget....

    BalasHapus
  34. gan kalau samsung galaxy ace 2 bisa gak gan mau flash nih ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini cara flash buat ace s5830 gan -_-

      Hapus
    2. gan kok proses y lama bnget gan, hmpir 30
      menit

      Hapus
    3. masuk ke cwm lakukan wipe data dan wipe cache lalu reboot, biasakan baca komen2 terdahulu 8-)

      Hapus
  35. gan klo udah di lakukan step tapi masih muncul ramdump error gmn ya??? thanks

    BalasHapus
  36. maaf mkasd ane ramdump mode gan :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ketemu ramdump mode, berarti agan belum sukses mencet tombolnya.. ulangi sampai bisa gan atau bisa liat link berikut: 8-)
      http://www.youtube.com/watch?v=lWBt9ONXA4E

      Hapus
    2. Gan klo mlh mncl gambr hp ma pc trus ditengahnua mncul tanda seru gmn gan

      Hapus
    3. ane kurang cerna pertanyaannya gan.. bisa lebih mendetail?

      Hapus
    4. Pas ane masuk recovery mode munculnya gambar ponsel terhubung ke pc ditengahnya ada gambar tanda seru.. Itu gmn gan??

      Hapus
    5. bukannya itu gambar background recovery bawaan agan? mirip seperti inikah?:
      http://1.bp.blogspot.com/-d93P9JPOAoQ/TlUQykOlFJI/AAAAAAAAAU4/uihDCjhEV5c/s640/DSC_0084.jpg

      Hapus
    6. bukan gan sebelah kiri gambar hp ditengah tanda seru seblh knan gambar pc

      Hapus
    7. gan, kalo mau flash stock rom, masuk ke download mode (power+home+vol. down).. kalo gambarnya seperti yg agan bilang, itu nggak apa2 kok, langsung di flash aja

      Hapus
    8. Gan klo prosesnya lbh dr 10 menit gmn cm download MIBIB

      Hapus
    9. http://agusf.blogspot.com/2012/11/flashing-samsung-android-berhenti-stuck.html

      Hapus
    10. ane cb ya gan mksh infonya

      Hapus
  37. Balasan
    1. dan request juga ROOM galaxy ace yg bisa untuk bbm donk

      Hapus
    2. ngga broken kok gan, udah di cek.. kalo gitu ane buat mirror deh (o)
      kalo mau request rom seperti itu, silahkan request langsung ke tuhan :) kalo saya ngga punya rom seperti itu

      Hapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  39. GAN ane mw tnya...knpa saat flasing berhenti di..
    Download Start...
    <0> Create File...
    <1> StartThread Detected : 1
    <2> StartThread Detected : 0
    <3> StartThread Detected : 0
    <4> StartThread Detected : 0
    <5> StartThread Detected : 0
    <6> StartThread Detected : 0
    <7> StartThread Detected : 0
    <8> StartThread Detected : 0
    <1> setup connection...

    mohon bantuan..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beberapa solusi:
      - coba klik kanan lalu pilih Run as administrator
      - kalo punya kies, pastikan tidak berjalan di pc (diclose)
      - gunakan odin versi lain
      - gunakan usb port lain
      - gunakan usb kabel lain

      *ane ngga pernah ngalamin seperti ini gan. so, ikuti prosedur dengan teliti 8-)

      Hapus
  40. Misi mau nanya gan
    ane masih newbie nih, ane beli hp ACE kondisi second setelah 2hari dalam keadaan bootlop alias stuk di tulisan samsung, ane ngikutin cara cara Flashing setelah sukses , malah restart terus menerus saya bingung..
    Setelah masuk Recovery mode mau Factory Reset tidak bisa di klik gan hanya tombol volume UP DAN DOWN saja yang bisa digerakin..
    mohon bantuannya masih newbie gan saya jarang buka BLOG sms ke saya 089653339697 urgent terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo restart terus, kudu di wipe data dan wipe cache gan.. masuk k recovery mode cara milihnya make tombol tengah (home)

      sorry gan, ane ngga bisa jawab via sms karna pulsa ane slalu habis karna pket internet 8-)

      Hapus
  41. gan saya masih bingung...tolong di bantu
    masuk download dulu sebelum colok k usb,apa colok usb dulu baru masuk download mode
    soalnya saya coba msk download mode dulu trz colok usb malah g kedetek di odin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo ane masuk download dulu lalu colok k usb...klo ngga kedetek, coba pake usb port lain/kabel usb lain/reinstal usb driver

      Hapus
  42. Download Start...
    <0> Create File...
    <1> StartThread Detected : 1
    <2> StartThread Detected : 0
    <3> StartThread Detected : 0
    <4> StartThread Detected : 0
    <5> StartThread Detected : 0
    <6> StartThread Detected : 0
    <7> StartThread Detected : 0
    <8> StartThread Detected : 0
    <1> setup connection...
    <1> odin mode.. check plcatform verification.
    <1> VerifyPlatform:V0, P0,R0
    <1> START!!!
    <1> set download environment.
    <1> big partition size!!
    <1> big partition size!!
    <1> big partition size!!
    <1> big partition size!!
    <1> big partition size!!
    <1> mibib download..

    punyaku kok gini terus bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok aneh yah?? udh download smua file yg ane suruh dan dilakukan dgn teliti? klo bisa, saat flashing lepas memory cardnya gan

      Hapus

Read This!

maaf, jika terjadi masalah mengenai Smartphone anda, kami tidak bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi. kami hanya menyebarluaskan dan mengartikan apa yang telah dibuat oleh para developers. kami juga hanya bisa membantu masalah yang anda alami melalui berkomentar.
SO, DO WITH YOUR OWN RISK
____________________________________________
Saat ini, ane lgi masih mencari rom-rom yang bagus buat gan smua. tapi, kalo agan punya request untuk rom yang lagi agan cari, tolong beritahu ane. Insya Allah, ane akan memposting rom yang sedang agan cari.
Terima Kasih ^^

Thanks for

Thanks for
CYANOGENMOD TEAM

Pengguna LINE Messenger

bisa di add gan:
- ID: Reyhan_06
- ID: singgihsh
- ID: e.d.s.t_8-9-98
- ID: evy_cute
- ID
: rispanlalu
- ID: mas_bud

sumber: Disini

Special Thanks to :

Special Thanks to :
XDA DEVELOPERS
Diberdayakan oleh Blogger.
 
Top